Langsung ke konten utama

Taman Nasional Lorentz di Papua Mejeng di Google Doodle

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]Google Doodle hari ini, Rabu (4/12/2019), merayakan hari jadi Taman Nasional Lorentz di Papua, yang letaknya di kawasan hutan lindung terbesar di Asia Tenggara.

 

Dilansir laman Google Doodle, Taman Nasional Lorentz mempunyai luas lebih dari 24.864 kilometer.

 

Di dalam hutan ini berisi banyak ekosistem, mulai dari padang rumput, pantai, hutan hujan, dan pegunungan yang diselimuti oleh salju abadi.

 

Di taman nasional ini juga terdapat gunung yang tertinggi di Asia Tenggara, ialah Puncak Jaya.

 

Baca juga: Mahasiswa ITS Raih 2 Piala di Ajang Oil and Gas Horizons XI di Rusia

 

Di sini ada 34 tipe vegetasi di antaranya hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan lahan datar/lereng, hutan hujan pada bukit, hutan kerangas, hutan pegunungan, padang rumput, dan lumut kerak.

 

Jenis-jenis tumbuhan di taman nasional ini antara lain nipah (Nypa fruticans), bakau (Rhizophora apiculata), Pandanus julianettii, Colocasia esculenta, Avicennia marina, Podocarpus pilgeri, dan Nauclea coadunata.

 

Taman Nasional Lorentz (Google Doodle)

 

Kawasan ini juga menjadi rumah bagi banyak hewan-hewan langka, semacam kanguru pohon, harimau, spesies langka burung beo Pesquet, dan echidna, ialah trenggiling berduri dan bertelur.

 

Baca juga: Inikah Penampakan Asli PlayStation 5 dan Controller-nya?

 

Jenis-jenis satwa yang sudah diidentifikasi di Taman Nasional Lorentz sebanyak 630 jenis burung (± 70 % dari burung yang ada di Papua) dan 123 jenis mamalia.

 

Jenis burung yang menjadi ciri khas taman nasional ini ada dua jenis kasuari, empat megapoda, 31 jenis merpati, 30 jenis kakatua, 13 jenis burung udang, 29 jenis burung madu, dan 20 jenis endemik di antaranya cendrawasih ekor panjang (Paradigalla caruneulata) dan puyuh salju (Anurophasis monorthonyx).

 

Nama taman nasional ini berasal dari nama seorang penjelajah asal Belanda, ialah Hendrikus Albertus Lorentz. Ia mengunjungi kawasan ini pada tahun 1909 lalu.

 

Lalu, saat kawasan ini mulai terancam oleh penebangan liar, pencurian satwa dan polusi, maka pada tahun 1999, Taman Nasional Lorentz langsung masuk di daftar situs warisan dunia yang dilindungi oleh World Wildlife Federation dan UNESCO.[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tim Mobile Legends Indonesia Berpeluang dapat Emas di SEA Games 2019

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]Di ajang SEA Games 2019 ini, ada salah satu cabang baru, ialah eSports. Ajang esports SEA Games ini akan berlangsung Filoil Flying V Centre, San Juan Metro, dari tanggal 5-10 Desember 2019.   Ada banyak game yang dipertandingkan, salah satunya Mobile Legends: Bang Bang . Indonesia sendiri masih menjadi buah bibir berkat torehan apik EVOS Legends di gelaran M1 World Championship 2019 lalu.   Pertandingan SEA Games sendiri layaknya reka ulang pertandingan di M1, mengingat susunan roster dari masing-masing negara tidak jauh berbeda.   Sebagai contoh, Indonesia mengirimkan seluruh roster EVOS Esports beserta ONIC.Udil, dan jajaran pemain EVOS SG yang tetap dipercaya mewakili negara Singapura di SEA Games, meski tampil mengecewakan di M1.   Babak grup SEA Games 2019 Mobile Legends pun sudah diumumkan, berikut pembagian posisinya:     Baca juga:  Ini Pembagian Grup Cabang eSports di SEA Games 2019

Cara Melihat Inbok FB Orang Lain Lewat Hp Terbaru 2019

5 / 5 ( 1 vote ) Cara Melihat Inbox Facebook Melalui HP Daftar Isi 1 Cara Melihat Inbox Facebook Melalui HP 2 Cara Melihat Inbok Fb Seseorang Lewat Hp 2.1 Cara melihat inbox fb orang lain lewat laptop atau hp : 3 Akhir Kata Cara Melihat Inbok Fb Orang Lain Lewat Hp, Cara Mengetahui Pesan FB Seseorang Melalui HP Tanpa Password, Cara Membobol Mesenger FB Orang Lain di Android  – Pengguna facebook mungkin saja masih bisa terus bertambah karena keberadaannya sangat bermanfaat cuman di lain sisi hal yang neg